Taufik Hidayat Lepas 445 Mahasiswa KKN Tematik Secara Virtual

CINDE, INDRAMAYU – Pelaksana Tugas Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat resmi melepas 445 mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu Tahun Aakademik 2019/2020. Pelepasan peserta KKN Tematik dilakukan virtual melalui teleconference di Indramayu Comand Centre (ICC), Senin (20/7/2020).

Dalam sambutannya Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat sangat mengapresiasi, langkah Unwir Indramayu dalam melaksanakan kegiatan KKN Tematik ditengah wabah pandemi Covid-19. Pasalnya mahasiswa dapat ikut berperan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 dengan menjadi agen edukasi secara masif ditengah masyarakat.

“Para mahasiswa nanti bisa melakukan penyuluhan kepada masyarakat, cara menghentikan penyebaran Covid-19, meskipun tidak secara langsung, misalnya via himbauan di media sosial atau lain sebagainya,”katanya.

Menurutnya, KKN yang digelar Unwir Indramayu merupakan aksi yang positif karena telah mengangkat tema “Tetap Produktif di Massa Pandemi Covid-19”, sehingga memang kenyataanya mahasiswa harus aktif daan ikut melakukan sesuatu demi mengakhiri wabah pandemi yang sudah berdampak negatif di sektor pendidikan.

Kang Taufik sapaan akrabnya berpesan, agar para peserta KKN dalam menjalani kegiatan dan programnya dapat bersungguh-sungguh dengan berdampingan pada protokol kesehatan Covid-19. Sehingga dalam mengimplementasikan ilmu selama masa perkuliahan dapat diterima ketika diterapkan di lingkungan masyarakat.

“Saya berpesan jangan sampai ilmu yang disebarluaskan tidak tepat dan justru menyesatkan banyak orang, oleh karena itu mulai dari diri sendiri sampai nanti di masyarakat untuk menerapkan 3 M (Memakai masker, Mencucui Tangan dengan sabun dan Menjaga jarak) tiga hal ini yang menjadi pokok utama kita bisa terhindar dari paparan Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu Rektor Unwir Indramayu Ujang Suratno menjelaskan, peserta KKN Tematik Unwir Indramayu yang berjumlah 445 mahasiswa akan melaksanakan kegiatan dan program KKN selama 1 bulan di 24 kecamatan dan tersebar di 74 desa.

“Pelaksanaan KKN dilaksanakan dengan berbasis lokasi dimana mahasiswa tinggal dengan melakukan kegiatannya di bidang Ekonomi, Sosial, Kesehatan, Pendidikan atau kegiatan lain sesuai kompetensi mahasiswa,”jelasnya.

Ujang berharap, selama pelaksanaan KKN para mahasiswa agar menjadi pioneer di masing-masing desa. “Jadilah pelopor di desa sebagai tempat KKN ananda semua, jangan sampai mahasiswa sekalian selain menjalankan program KKN sesuai bidangnya, justru lupa harus berperan aktif dalam mensosialisasikan pencegahan-pencegahan Covid-19 kepada masyarakat,” harapnya. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *