Senyum, Sapa,Salam, Sopan dan Santun ( 5S ) wajib dilakukan ASN Indramayu.

INDRAMAYU–Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar meminta semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten Indramayu menerapkan Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun). Hal ini dilakukan guna terwujudnya kerja yang unggul dan prima, serta memberikan kenyamanan pelayanan publik terhadap masyarakat.

Bahkan untuk mewujudkan birokrasi yang ramah dalam melayani masyarakat itu, baru-baru ini orang nomor satu Indramayu itu mengeluarkan Surat Edaran Bupati Indramayu No. 067/1923/Otda Tentang Penerapan Budaya Kerja Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun (5S) pada Pelayanan Publik di Wilayah Kabupaten Indramayu.

‘Senyum’. Menurut Bupati Nina Agustina, pelayan masyarakat harus tersenyum saat bertemu dengan yang dilayaninya. Hal ini dilakukan agar masyarakat merasa nyaman ketika berhadapan dengan aparatur negara.

Untuk ‘Salam’, ujar Bupati Nina Agustina, salam yang dilakukan ASN harus dengan ketulusan. Selain itu, mampu mencairkan suasana kaku.

“Salam dalam hal ini bukan hanya berjabat tangan. Melainkan seperti mengucap salam menurut agama dan kepercayaan masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, ada ‘Sapa’. Dalam hal ini tegur sapa ramah yang diucapkan untuk membuat suasana menjadi akrab dan hangat.

“Dengan begitu, lawan bicara kita merasa dihargai,” katanya.

Kemudian ‘Sopan’. Menurut Bupati Nina Agustina artinya ASN sopan ketika duduk, sopan ketika lewat di depan orang tua, sopan kepada guru, sopan ketika berbicara maupun ketika berinteraksi dengan orang lain.

Terakhir, kata Bupati Nina Agustina, adalah ‘Santun’. Santun berarti berkata lemah lembut, serta bertingkah laku halus dan baik kepada masyarakat.

“ASN di wilayah Kabupaten Indramayu dalam melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat harus mencerminkan keramah-tamahan kesiagaan dan sopan santun. Budaya Kerja (Red: 5S) menjadi dasar untuk terwujudnya pelayanan yang optimal dan nyaman terhadap masyarakat,” pintanya.

Dengan Budaya Kerja 5S ini, maka secara tidak langsung Pemkab Indramayu telah memanusiawikan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *