Pertamina Unit Refeney 6 balongan meledak .

Balongan, 29 Maret 2021 – Kilang Unit Refenery 6 Balongan dini hari tadi sekitar pukul 01.00 meledak dan terbakar.Ledakan besar disertai kobaran api ini, sangat mengejutkan warga sekitar, terutama warga yang tinggal di sekitar kilang diantara warga didesa majakerta yg hanya berjarak 2 kilometer dr kilang yang meledak.

Kilang yang meledak dan terbakar berada di Tangki
T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 sekitar pukul 00.45 dini hari.
.Akibat ledakan puluhan orang mengalami luka bakar serius dilarikan di rumah sakit pertamina cirebon,sedangkan yang menjalami luka ringan dilatikan ke rumah sakit Indramayu .

Sementara,ratusan kepala keluarga yang berada di desa majakerta dan kosambi, di evakuasi di beberapa tempat, diantaranya Pendopo kabupaten indramayu dan GOR bumi patra.

Bupati Indramayu Nina Agustina, meninjau langsung kejadian dan memerintah semua aparat untuk turun membantu warga.

Kepada Wartawan Bupati Nina mengatakan untuk sementara warga yang berada di area kilang dievakuasi terlebih dahulu, sambil di carikan jalan apakah mereka.akan di relokasi kedepannya.

” Nanti kita liat ya apakah akan direlokasi ke depannya biar aman ”

Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensive di RSUD Indramayu. Saat ini dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI.

Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal. ( ir )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *