DPMD Kembangkan Kerjasama Antar Desa, Tiga Desa Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan UPN Veteran Jakarta

CINDE FM INDRAMAYU – Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, khususnya dibidang penataan dan kerjasama desa yakni kerjasama dengan pihak Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta.

Kerjasama itu, sebagai bentuk tindaklanjut Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandangani oleh Bupati Indramayu dengan Rektor UPN Veteran Jakarta.

Dan, menunjuk tiga desa untuk mengimplementasikan kerjasama dengan UPN Veteran Jakarta.

Ke-tiga desa yang dimaksud adalah Desa Pabean Udik Kecamatan Indramayu mencirikan sebagai desa pesisir berbasis perikanan, Desa Rajaiyang Kecamatan Losarang mewakili desa berbasis pertanian dan Desa Jatisura Kecamatan Cikedung sebagai pengembangan desa wisata.

“Ke-tiga kepala desa serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Jakarta sudah menandatangani perjanjian kerjasama tersebut,” kata Plt Kepala DPMD Kabupaten Indramayu, Jajang Sudrajat melalui Kepala Bidang Pembangunan Desa DPMD Indramayu, Kadmidi kemarin.

Bahkan, sambung Kadmidi, pihaknya bersama Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ahmad Budiharto mendampingi ke-tiga kepala desa tersebut memenuhi undangan pihak UPN Veteran Jakarta, membahas perihal potensi yang bisa dikembangkan dan dikerjasamakan sebagai bagian dari implementasi pengabdian masyarakat dan penelitian, serta pengembangan yang menjadi tugas pokok dan fungsi LPPM.

“Alhamdulillah, hingga saat ini implementasinya sudah berjalan. Dari masing-masing fakultas memberikan pendampingan, melakukan pengkajian, melakukan kerjasama untuk bidang-bidang yang bisa dikembangkan di desa,” terangnya.

Tujuannya untuk memanfatkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa, agar lebih berkembang lagi serta bermanfaat lagi dan menjadi sebuah dukungan pengembangan ekonomi bagi masyarakat di tiga desa tersebut.

Masih kata Kadmidi, untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pelaksanaan pengabdian masyarakat dan penelitian serta pengembangan yang dilakukan.

Sekda Indramayu atau Plt Kepala DPMD akan membuat surat undangan yang ditujukan kepada pihak UPN Veteran Jakarta, kepala Bappeda Litbang serta ke-tiga kepala desa yang telah menandatangani kerja sama dengan UPN Veteran Jakarta.

Hal itu, sebagai bentuk tindaklanjut dari perjanjian kerjasama yang sudah dilakukan di Kabupaten Indramayu.

“Kami berharap, ini menjadi pioneer atau pelopor bagi UPN Veteran Jakarta dan Pemkab Indramayu. Khususnya pembangunan desa, untuk mendorong desa-desa yang lainnya melakukan kerjasama. Baik, antar desa maupun kerjasama sebanyak-banyaknya dengan semua stakeholders. Demi meningkatkan pembangunan perdesaan di Kabupaten Indramayu, program pembangunan berbasis kolaborasi ini kita dorong secara bersama-sama,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *